Kamis, 04 Oktober 2012

Peran dan Kegiatan Individu di Lingkungan Keluarga dan Masyarakat


Sebagai individu dalam kesehariannya hidup bermasyarakat selalu berhubungan dengn perannya masing-masing. Karena peran selalu berkaitan dengan hak dan kewajiban diri setiap individu. Peran harus selalu dilakukan sesuaidengan norma-norma yang berlaku dilingkungan masyarakat tersebut.
Saya sebagai individu yang bermasyarakat mempunyai peran menjadi seorang warga yang mematuhi dan mengikuti peraturan yang ada dilingkungan masyarakat. Namun selain hal itu saya pun juga harus menjaga lingkungan, serta menjaga etika pergaulan antar warga.
Dengan adanya peran tersebut pun terjalin suatu hubungan yang dapat merencakan sebuah kegiatan. Misalnya jika dilingkungan saya mengadakan acara rohani di masjid, maka saya sebagai remaja masjid mengikuti dan berpartisipasi di acara tersebut. Selain hal tersebut dalam kegiatan lain pun saya berusaha ikut serta dalam acara tersebut. Misalkan kegiatan dalam RT, RW atau yang lainnya.
Dalam keluarga pun kita mempunyai peran masing-masing. Saya sebagai anak mempunyai peran mematuhi dan menghormati orang tua serta menjaga nama baik keluarga. Di lingkungan keluarga pun pasti saya pasti mempunyai sebuah kegiatan. Kegiatan saya di dalam keluarga antara lain ikut membantu kegiatan di rumah. Misalkan membantu mama memasak . membantu mama membersihkan halaman rumah serta membantu papa membersihkan motor.
Peran dan kegiatan selalu berhubungan dan harus dijalakan sesuai dengan norma-norma yang berlaku dilingkungan tersebut.


Sumber :
http://carapedia.com/pengertian_definisi_peran_info2184.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar